Membaca merupakan kegiatan yang dipergunakan oleh para pembaca untuk memperoleh pesan yang disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata atau karya tulis. Umumnya para pembaca membaca menggunakan buku fisik atau cetak. Namun seiring perkembangan teknologi, kini membaca buku dapat dilakukan secara online atau tidak perlu datang ke perpustakaan konvensional. Perpustakaan online ini kerap disebur dengan istilah Perpustakaan Digital dan dapat di akses menggunakan smartphone.

Pada hari Rabu, 12 Oktober 2022 Henbuk telah melaksanakan sosialisasi kepada seluruh Kepala Sekolah SD dan SMP Kabupaten Klungkung – Bali terkait manfaat dan keuntungan Perpustakaan Digital. Sosialisasi ini secara langsung di hadiri oleh bapak Drs. I Ketut Sujana, M.Pd.H Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klungkung. 

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klungkung, Bapak Ketut Sujana memberikan respon positif serta mendukung program literasi digital yang digagas oleh Henbuk.

Perpustakaan Digital diharapkan mampu meningkatkan minat membaca masyarakat di Indonesia. Infrastruktur sekolah yang telah ada ditambah dengan program literasi digital maka nantinya akan mampu membudayakan anak-anak untuk rajin membaca. Dengan adanya Perpustakaan Digital akan memberikan kemudahan bagi para siswa karena dapat di akses dimanapun dan kapanpun.

Henbuk memberikan keuntungan dan kemudahan bagi para siswa untuk dapat mengakses perpustakaan digital tanpa bantuan kuota internet. Selain itu, siswa dapat membaca ebook dimana saja dan kapan saja melalui smartphone tanpa harus datang berkunjung ke perpustakaan sekolah. Dengan program literasi digital yang diterapkan di sekolah-sekolah, harapnya mampu mengurangi penggunaan smartphone yang hanya mengakses media sosial dan gemes pada siswa-siswa di Kabupaten Klungkung.